Pengertian ilmu sosial dasar, contoh masalah dan cara mengatasinya


PENGERTIAN ILMU SOSIAL, CONTOH MASALAH DAN CARA MENGATASINYA MELALUI TEKNIK INFORMATIKA

1.       Apa itu ilmu sosial?
Ilmu sosial adalah adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya
Dan dalam kehidupan sosial terdapat  suatu kondisi yang tidak seharusnya dilakukan serta dapat membahayakan atau merugikan kehidupan kelompok sosial
Pengertian ilmu sosial menurut para ahli :
·  Peter herman: ilmu sosial merupakan sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan.
·  Achmad Sanusi: ilmu sosial teridir dari disiplin ilmu pengetahuan sosial yang bertaraf akademis dan umumnya dipelajari pada tingkat perguruan tinggi.
·  Gross: ilmu sosial merupakan disiplin intelektual yang mempelajari manusia sebagai makhluk sosial secara ilmiah, memusatkan pada manusia sebagai bagian dari masyarakat dan kelompok atau masyarakat yang ia bentuk.
1.       Contoh masalah sosial dan cara mengatasinya
Salah satu contoh dari masalah sosial adalah banyaknya anak-anak yang dengan mudahnya mengakses konten-konten dewasa tanpa di ketahui oleh orang tuanya.
Tak sedikit orang tua yang telah memberikan anaknya smartphone atau tablet, baik itu sekedar memanjakan untuk bermain game di dalamnya, atau untuk kemudahan berkomunikasi.
Namun jika telah di berikan gadget/smartphone perlunya orang tua untuk mengawasi aktivitas yang di lakukan oleh anak di gadget mereka, untuk menghindari dari konten-konten negatif yang ada.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, sangat mudah bagi anak-anak di bawah umur untuk mengakses konten-konten dewasa di internet melalui gadget yang dimilikinya,
Dan sedah tugas orang tua untuk memantau dan menghindarkan anak mereka dari konten-konten tersebut.
 dan hal seperti ini dapat dapat di atasi dengan menggunakan aplikasi/software pemantau yang berguna untuk memantau hal-hal yang diakses oleh anak .
Sehingga orang tua dapat selalu memantau konten-konten yang diakses oleh anaknya meskipun dalam jarak yang jauh.
Contohnya adalah aplikasi kakatu, Kakatu merupakan aplikasi parental control khusus Android untuk menyeleksi, membatasi, dan mengawasi aplikasi apa saja yang boleh diakses.
Setelah para orang tua meng-install aplikasi Kakatu pada smartphone anak dan mengisi data registrasi  termasuk membuat PIN agar bisa mengakses aplikasi Kakatu dengan leluasa  , orangtua dapat melakukan pengaturan aplikasi pada menu setting. Selanjutnya para orang tua hanya tinggal meng-klik aplikasi mana saja yang boleh diakses oleh sang anak.
Sehingga anak terhindar dari konten-konten negatif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri khas daerah Bengkulu (kain besurek)

Definisi dari kebudayaan menurut para ahli dan persamaannya

PERHITUNGAN KUANTUM