Definisi dari kebudayaan menurut para ahli dan persamaannya



Definisi Kebudayaan Menurut Para Ahli
1.       Definisi Kebudayaan Menurut Para Ahli dalam Negeri (Indonesia)
a.       Koentjaraningrat
Menurut Koentjaraningrat kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.  
b.      Selo Soemardjan dan Soeleman Soemardi
Kebudayaan berarti semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
c.       Ki Hajar Dewantara
Menurut Ki Hajar Dewantara kebudayaan adalah buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
d.      Drs. Mohammad Hatta
Menurut Drs. Mohammad Hatta kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.  
e.       Parsudi Suparlan
Menurut Pasudi Suparlan kebudayaan adalah sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterpretasikan lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi landasan bagi tingkah lakunya.
2.       Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Luar Negeri
a.       Kluckhohn dan Kelly
Menurut Kluckhohn dan Kelly kebudayaan adalah semua rancangan hidup yang tercipta secara historis, baik yang tersurat maupun yang tersirat, rasional, irasional yang ada pada suatu waktu sebagai pedoman yang potensial untuk perilaku manusia. 
b.      E.B. Taylor
Menurut E.B. Taylor kebudayaan adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat. 
c.       Nostrand
Menurut Nostrand kebudayaan adalah sebagai sikap dan kepercayaan, cara berfikir, berperilaku, dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut.
d.      Bounded et. Al
Menurut Bounded et. Al kebudayaan adalah hal-hal yang berbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu.
e.       Sir Edwards B Tylor
Menurut Sir Edwards B. Tylor kebudayaan adalah keseluruhan kompleks dari ide dan segala sesuatu yang dihasilkan mausia kesamaan pengalaman historis.

Dari persamaan definisi kebudayaan dari para ahli diatas dapat disimpul bahwa  kebudayaan adalah kepercayaan, seni, adat istiadat yang tercipta pada masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri khas daerah Bengkulu (kain besurek)

PERHITUNGAN KUANTUM