Pengertian dan Perkembangan Teknologi Game


1)    Pengertian teknologi game
Teknologi game adalah proses baik berupa yang dilakukan oleh system atau hardware yang dilakukan untuk mewujudkan dan mendukung kinerja dari game.

2)    Perkembangan teknologi game
Teknologi game yang pertama kali diciptakan adalah OXO pada tahun 1952 oleh A.S Douglas di University of Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya mengenai interaksi antara manusia dan komputer. Setelah itu Douglas menciptakan game versi Tic-Tac-Toe.
Pada tahun 1958 William Higinbotham menciptakan game Tennis for Two yang memperlihatkan lapangan tenis dari samping dan pergerakan naik turun bola melewati net seperti permainan tenis pada umumnya.
Pada 1961 Steve Russel membuat game Spacewar menggunakan komputer mainframe MIT PDP-1.
Pada tahun 1996 teknologi game dikembangkan oleh mahasiswa-mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi universitas mereka masing-masing.
Tahun 1972 dirilisnya Magnavox Odyssey yaitu sebuah perangkat video game pertama kali yang dihubungkan  dengan televisi namun pada tahun 1975 Odyssey berhenti diproduksi karena digantikan dengan Odyssey 100 berbasis konsol yang khusus untuk game Pong.
Tahun 1976 dimulainya generasi ke-2 teknologi game dan dimulainya dengan diciptakannya VES (Video Entertainment System) oleh Fairchild.
Tahun 1980 berbagai produsen kosol muncul dan menjadikan Atari 2600 sebagai konsep dasar. Generasi ke-2 juga ditandai dengan diciptakan game arcade 3D seperti battleZone, Pac-Man.
Tahun 1983 Teknologi Game generasi ke-3,  eksistensi dunia game mulai menurun karena kalah dengan perkembangan PC yang ada. Akhir tahun 1983 konsol Famicom/Nintendo Entertainment System (NES) dirilis oleh FAMICOM yang dapat menampilkan gambar dan animasi dengan resolusi tinggi contohnya Super Mario.
Tahun 1988 dimulainya teknologi game generasi Ke-4 yaitu generasi 16 bit.
Tahun 1988 SEGA merilis Sega Mega Drive yang menyangi Nintendo meski dari segi penjualan Nintendo masih tetap lebih unggul dibanding SEGA.
Pada tahun 1990 dirilisnya Super Nintendo Entertainment System oleh Nintendo.
Tahun 1991 dirilisnya game oleh SEGA yaitu Sonic the Hedgehog.
Teknologi game generasi ke-5 atau bisa disebut dengan era konsol 32 bit yaitu pada tahun 1994 dirilisnya konsol Atari Jaguar oleh Atari . Pada generasi ke-5 ini dirilis Playstation oleh Sony. Karena tersaingi oleh Sony maka Nintendo merilis Nintendo 64. Tahun 2000 Sony merilis Playstation 2 berbasis DVD dan Microsoft merilis Xbox. Playstation sendiri sekarang telah mencapai Playstation 4.

3)    Pendapat Tentang perkembangan Teknologi Game
Perkembangan teknologi game yang pesat  membuat game semakin menarik dan seru untuk dimainkan untuk mengisi waktu luang apalagi sering dengan perkembangannya membuat game semakin terlihat real. Game sekarang juga dapat menghasilkan uang bukan hanya untuk produsen game saja tetapi para pemain game juga bisa mendapatkan uang dari game baik itu dengan menjadi professional player atau menyediakan konten streaming game seperti di YouTube atau Facebook.

Sumber referensi :
https://www.klikmania.net/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri khas daerah Bengkulu (kain besurek)

Definisi dari kebudayaan menurut para ahli dan persamaannya

PERHITUNGAN KUANTUM