GAME ENGINE

a)    Definisi game engine
Game engine adalah perangkat lunak yang menyediakan fitur yang diperlukan untuk membangun game dengan cepat dan efisien.
Pengunaan game engine yang tepat akan mempermudah dan mempercepat proses produksi.

b)    Fungsi game engine :
-       Renderer (2D or 3D)
-       Collision Detection
-       Scripting
-       Sound/video
-       Animation
-       Shading/Lighting
-       Networking
-       Physics
-       Artificial Intelligence
-       Legal Editor
-       Custom Tools

c)    Type game engine
Game engine mempunyai tipe-tipe seperti berikut :
-       Roll-your-own game engine
Tipe game engine ini disukai karena gratis dan membuat developer lebih fleksibel dalam mengintegrasi komponen yang diinginkan untuk membentuk game.
-       Mostly-ready game engines
Tipe game engine ini memiliki beberapa batasan agar tidak terjadi banyak error contohnya adalah Unreal Engine, dan Source Engine.
-       Point-and-click engines
Tipe game engine yang user friendly, dengan sedikit memenfaatkan coding developer sudah dapat membuat game. Kekurangan pada tipe game engine ini adalah keterbatasan dalam interaksi yang bisa dilakukan seperti grafis hingga tata suara.

d)    Unity 3D

Unity 3D merupakan game engine yang digunakan untuk mengembangkan game multi-platform. Grafis pada unity 3D dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX.
Fitur pada Unity 3D adalah sebagai berikut:
-       Rendering
Graphics engine yang digunakan adalah Direct3D dan proprietary APIs.
-       Scripting
Script game engine dibuat dengan Mono 2.6 yaitu sebuah implementasi open-source dari .NET Framework.
-       Asset Tracking
Unity menyediakan server Unity Asset menggunakan PostgreSQL, FMOD library, Theora codec, engine daratan dan vegetasi, Beast, Raknet dan navigasi mesh pencari jalur built-in.
-       Platforms
Unity 3D mensupport pengembangan ke berbagai platform. Di dalam project terdapat control untuk mengirim keperangkat mobile, web browser, desktop, dan concole.  Platform yang didukung antara lain Windows, Windows Phone 8, Mac, Linux, Android, IOS, Unity Web Player, Adobe Flash, Playstation 3, Xbox 360, wii U dan wii.
-       Asset Store
Unity asset store adalah resource yang hadir di unity editor yang terdiri dari 4.400 asset package, 3D models, texture, material, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan project, scripting package, editor extension dan online service.
-       Physics
Unity memiliki support built-in untuk PhysX physics engine dari Nvidia dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.

Sumber referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri khas daerah Bengkulu (kain besurek)

Definisi dari kebudayaan menurut para ahli dan persamaannya

PERHITUNGAN KUANTUM