VIDEO GAMES DAN MUSIK DIGITAL

VIDEO GAMES DAN MUSIK DIGITAL
1.   Perkembangan Video Game
Video Game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh peranti video.
Sejarah Perkembangan Video Game sebagai berikut :
Asal usul permainan video/video game terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Perusahaan komersial pertama konsol permainan video adalah Computer Space pada 1971, yang meletakkan dasar bagi industri hiburan baru di akhir 1970-an di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa.
·      Video game generasi pertama
Generasi pertama konsol permainan video berlangsung dari tahun 1972, ditandai dengan realeasenya Magnavox Odyssey, hingga 1977 ketika “pong”-style produsen konsol meninggalkan pasar karena pengenalan dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol.
                              Magnavox Odyssey 200
Style game pong
·      Video game generasi kedua
Video game generasi kedua disebut sebagai awal era 8 bit. Video game generasi kedua dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI. Contoh konsol Video Game generasi kedua adalah Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 ,  Atari 5200.
Konsol game generasi kedua
·      Video Game generasi ketiga
Video Game generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau lebih dikenal dengan nama FAMICOM(kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.
Konsol game pertama FAMICOM
Konsol game pertama SEGA
·      Video Game generasi keempat
Video Game generasi keempat biasa disebut dengan era 16 bit. Pada tahun 1988, Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi tetap kalah dipasaran dengan Nintendo dan SEGA.
Sega-Genesis-Mk2-6button
Super Nintendo Entertainment System
·      Video Game generasi kelima
Pada tahun1993 sebuah perusahaan ternama yaitu Panasonic merilis konsolnya yang bernama Panasonic 3DO. Ini adalah konsol pertama yang menggunakan CD sebagai pengganti cartridge. Video Game generasi kelima disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation.
Panasonic 3DO
SONY PS-One
·      Video Game generasi keenam
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol next generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi dibidang pembuatan game konsol.
Xbox One
·      Video Game generasi ketujuh
Pada Video Game generasi ketujuh Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360. Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya permainan single player.
Konsol Video Game generasi ketujuh


2.   Platform dan bahasa pemrograman untuk Video Game
·      Java
Bahasa pemrograman ini digunakan untuk membangun aplikasi server-side untuk video game dan aplikasi mobile.
·      C
Bahasa C merupakan bahasa yang paling dasar dan wajib dipelajari pertama kali oleh para programmer. Karena pada dasarnya bahasa C merupakan dasar dari bahasa pemrograman lainnya. Bahasa pemrograman ini baik ketika digunakan untuk membuat proyek kecil dan aplikasi tingkat rendah. Bahasa ini banyak digunakan sebagai embedded system seperti di televisi, sistem operasi dari sebuah pesawat, dan sistem operasi komputer.
·      C++
C++ merupakan bahasa tingkat menengah yang memiliki fitur pemrograman berorientasi objek. Bahasa C++ digunakan untuk mengembangkan sistem perangkat lunak baik berupa aplikasi, server dengan kinerja yang tinggi, aplikasi client dan video game.
·      C#
Dapat digunakan pada pembuatan desktop games menggunakan XNA, DirectX, atau Unity3D. Dapat juga digunakan untuk membuat web games menggunakan Silverlight atau Unity3D.
·      Python
Python adalah sebuah bahasa pemrograman penerjemah multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Phyton menjadi salah satu bahasa pemrograman yang membangun sebuah website dan aplikasi mobile.
·      Ruby
Ruby dirancang untuk menjadi bahasa pemrograman yang sederhana dan mudah untuk ditulis. Ini merupakan kekuatan yang dimiliki oleh Ruby. Ruby menjadi pembangun dari Scripd, GitHub, Groupon dan Shopify.
·      JavaScript
Javascript juga digunakan dalam pengembangan sebuah video game dan juga dalam aplikasi desktop.
·      PHP
PHP adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam pembuatan website berupa aplikasi dengan data berat dan dinamis. Saat ini banyak situs-situs populer yang menggunakan bahasa pemrograman ini seperti WordPress dan Facebook.
·      Objective-C
Obcjective-C adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh Apple untuk pengembangan aplikasi iOS dan system
operasi OS X.
Objective-C digunakan untuk membuat game di komputer buatan Apple yang menggunakan Mac OS.
·      SQL
SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini merupakan standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahas ini untuk melakukan manajemen datanya.
·      Actionscript 3
Umum digunakan dalam pembuatan web games dalam format Flash Games, contohnya game flash di Facebook.

3.   Proses produksi musik digital
Tahapan untuk memproduksi music digital adalah sebagai berikut :
a)   Membentuk konsep
Tahapan pertama untuk memproduksi musik digital adalah membuat konsep dari musik digital yang akan dibuat.
b)   Mempersiapkan materi
Materi disini mancakup komposisi dan lirik. Materi lagu yang bagus (secara komposisi maupun lirik) akan mempermudah aransemen.
c)    Aransemen
Tahapan ini penyusunan materi agar lagu terdengar apik secara keseluruhan. Termasuk pemilihan genre.
d)   Tracking/Recording
Proses ini yang paling banyak memakan waktu dalam produksi musik digital. Proses rekaman dilakukan dengan mengandalkan rekaman digital, menggunakan alat musik asli secara terpisah seperti gitar akustik, drum dan lain-lain.
e)   Editing
Proses editing anatara lain:
-Tuning suara vocal, bass, atau instrumen melodis lain yang fals
-Memperbaiki beat yang tidak tepat
-Membuang bagian-bagian track yang kosong
f)     Mixing
Mixing adalah proses penggabungan harmonisasi musik digital agar didapatkan hasil yang maksimal.

4.   Proses distribusi musik digital
Proses distribusi musik digital melibatkan proses control, create, market, dan maintain business rules dari setiap materi digital. Salah satu istilah yang muncul kemudian adalah content management, yaitu suatu mekanisme untuk menyimpan materi digital serta control untuk search, browsing, access, dan retrieval oleh users baik secara individu, kelompok atau institusi/perusahaan. Sejumlah service providers telah mulai menjual produk musik digitalnya secara langsung lewat internet. Dan untuk proteksi bisnis komersial dan perlindungan hak cipta serta mencegah pembajakan (digital piracy), diperlukan suatu sistem yang dapat mencegah akses dan penggunaan illegal dari musik digital serta manajemen terhadap copyright untuk penggunaan yang legal. Sistem yang digunakan saat ini yaitu Digital Rights Management (DRM). DRM adalah suatu sistem yang ditujukan untuk mengatasi permasalahan yang terkait dengan pengaturan akses dan distribusi materi digital yang menjamin hak dan kewajiban antara pemilik, penerbit, penjual, serta pengguna.

5.   Perkembangan proses konsumsi musik digital
Proses konsumsi musik digital sudah berkembang dibanding dengan sebelumnya, musik digital dulu dapat dikomsumsi oleh publik melalui Kaset/CD. Dan untuk saat ini untuk mengkonsumsi musik digital tidak harus membeli CD karena sekarang musik digital dapat dengan mudah didapatkan melalui media internet.

                                Video perkembangan musik digital

Sumber Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri khas daerah Bengkulu (kain besurek)

Definisi dari kebudayaan menurut para ahli dan persamaannya

PERHITUNGAN KUANTUM